5 Alternatif Makanan Ketika Si Kecil Mogok Makan Nasi

by - December 17, 2020

Assalamu'alaikum Warahmatullaahi Wabarakaatuh,
Apa kabar para Mommy Millennials yang anaknya lagi mogok makan?
Nggak bisa dipungkiri ya moms, kalau dulu definisi tenang itu adalah keadaan dimana kita sudah masak, cucian piring beres, rumah rapih, tapi setelah punya anak definisi tenang berubah jadi.. "tenang = kalau anak sudah makan"
benar apa benar? hihii

Aku super worry dan heboh banget kalau anakku, belum makan atau kalau lagi dateng moody-nya, ogah makan. Rasanya tuh beneran nggak tenang. Tapi itu dulu, seiring berjalannya waktu dan lebih mengenal karakter anak, tentu jadi lebih peka ya moms. Bukan nggak mau makan, terkadang anak bosan dengan makanannya. Iya, anak 2 tahun sudah bisa merasa bosan dengan makanan yah. Nah, untuk itu aku mencari alternatif makanan ketika anakku, Abby, sedang bosan makan nasi. Ini ampuh loh supaya anak tetap makan, setidaknya perutnya tetap kenyang dan terjaga dengan baik, akupun bebas worry.

1. MISOA. Misoa atau misua, adalah mie tipis dan halus yang berasal dari tepung terigu. Mie ini berwarna putih dan biasanya dijual dalam bentuk mie kering. Memasak misoa hanya dengan merendamnya dengan air panas sebentar. Tekstur mie ini lembut ya moms, tidak seperti mie instant yang kita makan. Makanya misoa seringkali jadi alternatif makanan bagi balita dan orang lanjut usia. Misoa bisa dimasak menjadi mie rebus ataupun mie goreng. Biasanya untuk Abby aku sajikan bersama sayuran, seperti buncis dan wortel, serta tambahan telur ayam dan udang segar, supaya asupan gizinya tetap terjaga. Berikan kaldu jamur atau sea salt sebagai perasa. Kalau makan ini Abby habis semangkuk besar.

 Image credit by google

2. BIHUN. Bihun atau mihun berasal dari tepung beras. Teksturnya sedikit mirip dengan mie hanya saja lebih tipis. Biasanya aku jadikan bihun goreng dengan tambahan sayur dan lauk. Karena bihun dari tepung beras, rasa kenyangnya juga lebih lama moms, benar-benar bisa dijadikan alternatif pengganti nasi. Moms bisa menambahkan daftar sayur dan lauk sesuai selera, berkreasi dengan makanan si kecil super seru loh ternyata.

Image credit by google

3. SOHUN. Mirip bihun tapi jangan salah, keduanya berbeda ya moms. Sohun terbuat dari pati, biasanya pati kacang hijau, umbi-umbian (seperti kentang dan ubi jalar), atau sagu. Tekstur sohun sendiri halus, berwarna bening dan kenyal, dan kalau sudah dimasak permukaannya lebih licin dibanding bihun. Untuk sohun, biasanya aku jadikan bahan tambahan pada sup. Jadi kalau Abby bosan makan nasi, bisa makan sup saja tapi karbohidratnya tetap ada.

Image credit by google

4. MIE SAYUR SEHAT. Seperti pasta, ini adalah mie warna-warni berbahan dasar tepung terigu. Disebut sebagai mie sehat karena campuran adonannya ditambahkan ekstrak sayuran, seperti bayam, sawi, wortel, buah bit, dan ubi ungu. Biasanya dibuat homemade dan banyak dijual di supermarket dalam keadaan kering. Moms tinggal olah sendiri dirumah. Untuk Abby, aku sajikan juga bersama dengan lauk seperti daging ayam, telur rebus, atau bakso sapi. Tidak lupa tambahkan sedikit EVOO (Extra Virgin Olive Oil) agar lebih mudah dicerna.

Image credit by google

5. SEREAL. Nah, kalau ini adalah sumber karbohidrat yang berasal dari biji-bijian, seperti padi, jagung, dan gandum. Biasa kita kenal dengan oat ya moms, gandum utuh, dan di Indonesia sendiri kita kenal dengan sebutan Havermut. Alternatif lain kalau Abby benar-benar off makan, biasanya dengan oat ini ampuh. Sajikan bersama dengan buah-buahan segar, seperti kurma, apel, atau pisang. Tambahkan juga bubuk kayu manis untuk menambah cita rasa. Satu lagi, moms juga bisa kreasikan sereal menjadi cookies sebagai camilan, biasanya aku gunakan cornflake. Teksturnya yang renyah bikin anak ketagihan. Biarpun nggak makan nasi, perut tetap terisi.

Image credit by google

Gimana, tertarik untuk mencoba moms? Mudah-mudahan mogok makan nasinya segera berakhir ya,
semangat berjuang para Mommy Millennials.

Wa'alaikum Salaam Warahmatullahi Wabarakaatuh.

With Love,

You May Also Like

0 Komentar

Thank you so much for visited my blog. Don't forget to give some comment or suggest for me. It's can be motivating to write more post ♥




IFB Members BP MembersKBJ Members IFB Members