4 Hal yang Perlu Kamu Perhatikan Sebelum Memulai Bisnis di Industri Kecantikan

by - January 27, 2024

Sering banget membaca artikel tentang para Bisnis Owner di Industri Kecantikan makmur sejahtera hanya dalam kurun waktu kurang dari 5 tahun saja. Trend Bisnis ini memang sedang gencar dan menjadi incaran pada pelaku bisnis terutama kaum Millenials. Bisnisnya lancar, omset Milyaran rupiah, bahkan sudah banyak Bisnis Owner yang akhirnya membuka pabrik kosmetik mereka sendiri di Indonesia karena permintaan pasar yang sangat besar. Apa iya bisnis di industri kecantikan semudah itu?

Sejatinya, ada banyak sekali hal yang harus kamu perhatikan sebelum memulai bisnis. Apalagi kalau modal ngepas, jangan sampai ditengah perjalanan, produkmu sudah kalah duluan di Market sebelum bisnismu berjaya. Sayang banget ya. Nah berikut adalah rangkuman 4 Hal yang perlu kamu perhatikan sebelum memulai bisnis, terutama di Industri Kecantikan.

1. MARKET RESEARCH

Penelitian pasar. Yup, ini akan menjadi modal awal sebelum kamu memulai bisnis. Bisnis yang ideal bukan hanya karena keinginan seseorang menciptakan atau menghasilkan suatu produk, namun juga apa dan bagaimana permintaan yang sedang ramai saat ini dipasar. Dengan mengetahui produk jenis apa yang sedang ramai menjadi permintaan pasar, persentase tingkat penjualan produkmu akan jauh lebih tinggi. Lakukan riset pasar yang komprehensif untuk memahami tren dan preferensi konsumen dalam industri kecantikan. Kamu bisa mengidentifikasi segmen target yang potensial dan analisis persaingan di sekitarmu.


Setelah kamu mendapat hasil yang cukup, tahap selanjutnya kamu bisa merencanakan strategi bisnis. Buatlah rencana bisnis yang jelas dan terperinci. Tetapkan tujuan jangka pendek dan jangka panjang, serta strategi pemasaran, pengembangan produk, dan analisis keuangan. Pastikan juga kamu melakukan analisis risiko dan kelayakan bisnis sebelum memulai, serta merencanakan anggaran dengan cermat.

2. HIGH QUALITY PRODUCT

Pastikan produk kecantikan yang kamu tawarkan berkualitas tinggi dan sesuai dengan kebutuhan konsumen. Cari supplier atau produsen yang dapat menyediakan bahan-bahan berkualitas dan proses produksi yang baik. Pastikan juga produkmu memiliki USP (Uniqeu Selling Proposition) yang berbeda dengan produk serupa lainnya dipasaran. Harga yang kompetitif juga menjadi salah satu alasan, namun tidak menutup kemungkinan customer tetap akan membeli produk mahal karena kualitasnya. Quality over quantity saat ini sedang menjadi tren dikalangan Gen Z.


Untuk itu, kamu juga harus mengutamankan pelayanan pelanggan. Fokuslah pada pelayanan yang ramah, tanggap, dan profesional. Jalin komunikasi yang baik dengan pelanggan untuk mendapatkan umpan balik dan memperbaiki produkmu jika diperlukan. Semakin kamu memahami kebutuhan pelanggan dan target marketmu semakin mudah juga kamu menjual produkmu.

3. BRANDING & MARKETING

Membangun citra atas merek dan produk yang kamu buat, menjadi hal ketiga yang harus kamu perhatikan. Branding atau Citra diri, menciptakan energi yang kuat. Buatlah logo yang representatif serta desain kemasan menarik. Gunakan strategi pemasaran yang tepat seperti konten media sosial, iklan online, dan kerjasama dengan influencer kecantikan. Kamu bisa melakukannya sendiri atau dengan bantuan Agency atau Managemen terkait, di Indonesia sudah banyak sekali pihak yang dapat membantu kamu untuk meyebarkan awarness atas merek ataupun produkmu. Biasanya mereka akan bekerjasama dengan para Reviewer, KOL, atau bahkan Influencer agar produkmu dapat dikenal dan dijangkau oleh masyarakat luas dalam kurun waktu yang cukup singkat.


Harus kamu pastikan juga ya untuk mematuhi semua peraturan dan persyaratan legal dalam industri kecantikan. Dapatkan sertifikasi dan izin resmi yang diperlukan, terutama jika kamu akan memproduksi produk kosmetik sendiri.

4. COLLABORATION & NETWORKING

Tidak kalah pending dari 2 hal diatas, sebelum kamu menciptakan merekmu sendiri, perbanyaknya relasi dan jaringan bisnis. Hal ini dapat membantumu untuk berkembang lebih cepat dibandingkan kamu harus Trial and Error secara otodidak. Bangun relasi dengan para profesional dan ahli dalam industri kecantikan. Buka kemungkinan kerja sama dengan salon, spa, atau outlet kecantikan lainnya untuk meningkatkan visibilitas produkmu. Kamu juga bisa mendirikan komunitas bisnis yang nantinya akan membantumu dalam hal penjualan.

Bisnis akan jauh lebih cepat berkembang jika kamu terus berelasi dan berinovasi. Selalu belajar dan berkembang karena industri kecantikan terus membutuhkan pembaruan yang berkelanjutan. Ikuti tren terbaru, pelajari teknik dan produk baru, dan cari cara-cara baru untuk meningkatkan bisnis.

Kalau kamu sudah memahami 4 Hal diatas, rasanya kamu sudah siap nih untuk terjun di Industri Kecantikan. Membangun bisnis produk kecantikan membutuhkan kerja keras, fokus, dan dedikasi, tetapi dapat memberikan kepuasan dan kesuksesan besar dikemudian hari. Buat kamu yang mau bergabung dikomunitas bisnis kecantikan dan belajar lebih banyak lagi, kamu bisa join di komunitasku ya. Disini kita bisa saling bertukar pengalaman dan membangun bisnis bersama. Klik link berikut untuk informasi lebih lanjut.



With Love 

You May Also Like

0 Komentar

Thank you so much for visited my blog. Don't forget to give some comment or suggest for me. It's can be motivating to write more post ♥




IFB Members BP MembersKBJ Members IFB Members