Cek Engagement Rate Instagram Lewat 5 Website ini

by - December 30, 2020

Para Content Creator atau teman-teman yang berkecimpung didunia Digital Marketing dan harus berurusan dengan Influencer, pasti khatam banget sama yang namanya Engagement Rate, right?

Sebenarnya, apa sih Engagement Rate itu?
Dikutip dari laman resmi Hopperhq, Engagement Rate adalah suatu metrik standar yang dimanfaatkan dalam pemasaran media sosial dalam mengukur performa pada suatu konten di platform media sosial, khususnya di Instagram dan Facebook. Makanya untuk bekerjasama dengan seorang Influencer, kita harus tau dulu nih berapa sih engagement mereka, sesuai nggak sih dengan rate yang mereka tawarkan. Disisi Influencer sendiri, kita jadi lebih paham, berapa sih persentase keterlibatan atau ketertarikan followers terhadap foto, video, stories, atau konten apapun yang kita bagikan di Instagram.

image by google

Angka presentase tersebut juga sangat membantu para Marketer, untuk menentukan apakah targetnya sudah sesuai dengan target market. Karena tidak jarang para Influencer besar juga sering salah strategi sehingga konten yang disajikan tidak selalu dicari oleh para followersnya, sebaliknya teman-teman dengan jumlah followers yang lebih kecil bisa saja memiliki jumlah engagement yang lebih besar.

Dampaknya adalah penghasilan alias uang. Para pemilik akun Instagram dengan Engagement tinggi pasti memiliki Rate yang juga tinggi. Makanya tidak heran para artis dan selebgram bisa mengantongi jutaan bahkan puluhan juta untuk 1x membuat konten dengan produk yang diupload di akun Instagram mereka, inilah yang dinamakan Endorsement.
Rumus Engagement Rate secara general sebenarnya sederhana, jumlah interaksi (likes dan komentar) dibagi jumlah pengikut. Tapi apa iya kamu mau cek sendiri? Daripada capek ngitung, nih aku kasih 5 Website penghitung Engagement Rate yang paling sering dipakai Influencer maupun Brand.

1. PHLANX
Website ini memang khusus sebagai Kalkulator Engagement. Cara kerjanya juga simple banget, kamu tinggal ketikan nama akun yang ingin kamu cek kemudian enter. Selama aku berkecimpung didunia Influencer, Phlanx menjadi yang paling sering digunakan para Brand untuk mengukur performa influencer. Phlanx sendiri punya Average ER seperti berikut.

2. TANKE
Tanke sendiri merupakan Creative Influencer Marketing Agency yang dapat membantu para Brand untuk membuat konten menarik atau memilih Influencer untuk strategi marketing. Namun mereka juga menyediakan kalkulator Engagement sendiri yang dapat diakses secara umum. Cara kerjanya sama, kamu tinggal ketik nama akun yang ingin kamu cek kemudian klik Analyse!

3. INFLUENCER MARKETING HUB
Merupakan Instagram Money Calculator, tidak hanya menghitung rate dalam persen, di website ini mereka juga dapat memperkirakan value atau harga jual Influencer tersebut per post, bidang ketertarikan followers, usia dan gender, dan banyak matriks lainnya namun untuk melihat semua report kamu wajib registrasi terlebih dahulu. Influencer MarketingHub juga memiliki Average ER sendiri, sebagai berikut.


4. OMNIFLUENCER
Omnifluencer juga menyediakan kalkulator instagram hanya dengan mengetikkan nama akunnya saja. Bedanya, di Omnifluencer, kamu dapat membandingkan hingga 4 akun Instagram untuk bisa melihat perbandingan nilai. Ini akan sangat membantu kamu untuk memilih Influencer yang tepat. Mereka menyediakan 3 paket, mulai dari Basic Rp.0 rupiah alias gratis, hingga paket Pro dan Premium.


5. ANALISA.IO
Ini salah satu kalkulator instagram yang terlengkap. Mereka menghitung secara keseluruhan bahkan menyediakan reportnya dalam bentuk link yang bisa dishare. Mereka juga bisa menghitung top post, hastag yang paling sering digunakan si Influencer, demographics followers, dan lainnya. Analisa.io juga menyediakan paket mulai dari Basic secara gratis, hingga paket Plus, Premium, dan Pro. Berikut adalah hasil analisa akunku Instagramku.


Jadi gimana, sudah bisa menghitung Engagement Rate sendiri kan? Paling suka menggunakan website yang mana nih?
Semoga postingan ini membantu ya.


With Love,

You May Also Like

3 Komentar

Thank you so much for visited my blog. Don't forget to give some comment or suggest for me. It's can be motivating to write more post ♥




IFB Members BP MembersKBJ Members IFB Members